Minggu, 17 Mei 2009

Chiropractic - Terapi Tulang Punggung Bermasalah

Dr. Travis Fisher, D.C., CCEP, CCWP
Staff dokter Jackson Healthcare- Chiropractic & Laser Therapy

Chiropractic di lebih dari 100 negara telah menjadi satu bentuk teknik terapi alternatif untuk tulang belakang. Kelebihannya, tanpa menggunakan obat, dan tanpa pula melalui tindakan operasi. Bahkan ibu hamil, bayi, anak pun dapat meng¬ikuti terapi yang ditemukan Daniel David (D.D.) Palmer pada tahun 1895.
Kata ‘chiropractic’ berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata ’chiros’ yang berarti tangan, dan ’praktikos’ yang artinya praktis. Jika diartikan secara harfiah ’Chiropractic’ berarti menggunakan tangan.
Fokus chiropractic adalah melihat hubung¬an antara sistem syaraf dengan semua sistem dalam tubuh. Terutama persendian dan otot di sekitar tulang belakang. Gerakan pada persendi¬an sangat berpengaruh pada seluruh syaraf dan struktur yang berhubung¬an dengan syaraf itu, termasuk otot, organ tubuh, sistem kekebalan tubuh, dan sistem syaraf keseluruhan.


Sistem syaraf merupakan sistem pengontrol utama tubuh. Sistem ini mengirimkan dan menerima informasi dari setiap sel, jaringan tissue, dan bagian tubuh lainnya. Kesehatan optimal diper¬oleh dari sistem syaraf yang berfungsi dan bekerja 100%. Namun, sesuatu hal dapat menghalangi dan mengganggu sistem syaraf bekerja secara maksimum. Kondisi ini disebut subluxation.
Subluxation ini bisa disebabkan adanya trauma, stres berkepanjangan, atau kebiasaan pada posisi/ postur tubuh yang salah. Gejala yang biasanya muncul adalah rasa sakit (nyeri), mati rasa, kesemutan, sakit kepala, dan otot yang tegang.
Para praktisi chiropractic (chiropractor, Red.) adalah satu-satunya profesional di bidang kesehatan yang mampu menghilangkan dan mencegah subluxation. Chiropractor menggunakan teknik aman, lembut, dan efektif. Teknik ini dikenal dengan adjustment. Teknik ini bertujuan mengembali¬kan posisi tulang belakang dan menghilangkan semua gejala atau rasa sakit yang muncul. Chiropractor berusaha menyeimbangkan tubuh dan ber¬usaha melepaskan berbagai tekanan pada syaraf, sehingga tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi tujuan terapi ini adalah mengoptimalkan fungsi dan kerja sistem syaraf.

Ibu, Bayi, dan Anak
Selama mengandung, wanita akan mengalami berbagai tekanan besar, baik fisik maupun mental. Kesehatan calon ibu berperan penting dalam proses pertumbuhan janin bayi selama sembilan bulan. Perawatan chiropractic mampu menghilangkan berbagai komplikasi akibat dari ada¬nya tekanan biomekanikal pada tubuh si calon ibu. Survei menunjukkan calon ibu yang mengikuti perawatan chiropractic di masa kehamilannya tak hanya mendapatkan rasa nyaman, namun juga meng¬¬¬a¬lami proses kelahiran yang lancar.
Sementara terapi ini pada anak seharusnya dimulai sesegera mungkin setelah proses melahirkan. Hal ini bertujuan memastikan tulang belakang dan sistem syaraf bayi dapat tumbuh dan berkembang optimal.
Hampir setiap bayi mengalami trauma pada proses kelahirannya. Ketika bayi harus melalui sebuah saluran dari rahim, ia mendapatkan berbagai tekanan yang mampu membentuk kepalanya dan memompa cairan nutrisi di sekitar sistem syaraf pusat. Tekanan ini juga menimbulkan ketidakseimbangan pada tubuh bayi. Proses melahirkan de¬¬ng¬an menggunakan forceps, vacuum, ataupun operasi Caesar mampu mengurangi trauma itu. Tapi bantuan tersebut bisa menimbulkan efek buruk di kemudian hari.
Seiring dengan pertumbuhan anak, tulang-tulang belakangnya pun ikut tumbuh dan saling menekan satu sama lain. Pada waktu anak belajar mengangkat kepalanya, merangkak, dan berjalan, sebenar¬nya itu merupakan fase penting anak mulai membentuk tiga kurva tulang belakangnya – dari yang sebelumnya hanya satu lengkungan. Semua ‘kecelakaan kecil’, seperti kepala terbentur, jatuh yang selalu menyertai dalam proses belajar merangkak, berjalan maupun belajar mengendarai sepeda akan sa¬ngat mempengaruhi pertumbuhan tulang si anak.
Karena itulah penting sekali untuk memastikan tulang itu tumbuh dan bergerak pada posisi yang semestinya. Pertumbuhan tulang yang tidak dipantau, serta keharusan si anak terus tumbuh dan berkembang dengan posisi tulang tidak benar, akan membawanya pada ketidakseimbangan kerja seluruh bagian tubuhnya, dan scoliosis yang harus dibawanya seumur hidup.
Saat ini chiropractic merupa¬kan sistem perawatan kesehatan terbesar kedua di Amerika Utara dan mulai menyebar dengan cepat ke seluruh belahan dunia. Di Amerika Serikat tersebar kurang lebih 60.000 Dokter Chiropractic, di Kanada sekitar 6.000 dan kira-kira ada 3.000 lebih chiropractor di Australia.
Walaupun Chiropractic terbilang baru di Indonesia (baru pada tahun 2004), perawatan dengan Chiropractic dapat dinikmati jutaan orang di seluruh dunia. Chiropractic adalah profesi tiga terbesar untuk pe¬rawatan kesehatan di seluruh dunia.
Lebih dari 100 negara di seluruh dunia mempunyai keuntungan dari cara kerja chiropractor dan komunitas mereka menghasilkan lebih dari 75.000 chiropractor di seluruh penjuru dunia. (Dari berbagai sumber)

Box
Jackson Healthcare – Chiropractic and Laser Therapy

Pusat terapi ini terletak di Bunda International Clinic. Klinik ini memiliki dokter berkualifikasi tinggi dan berpengalaman. Sebagian besar dari mereka adalah bagian dari tim kesehatan The Midwest Sports Council, dan The Palmer College Rugby Team.
Jackson Healthcare – Chiropractic and Laser Therapy akan membantu pasien dalam masalah yang berhubungan dengan otot, maupun jaringan-ja-ringan tissue dalam tubuh. Terapi dilakukan melalui stretching, massage, dan latihan-latihan rehabilitasi lainnya. Hal ini bertujuan mempercepat proses penyembuhan. Pemasalahan gaya hidup, seperti nutrisi dan pe¬ngendalian stres juga menjadi perhatiannya.
Selain chiropractic, Jackson Healthcare juga menawarkan berbagai macam perawatan kesehatan lain seperti fisioterapi dan terapi laser (laser therapy) yang merupakan salah satu teknologi terkini di dunia kedokteran. ‘Cold laser’ yang berasal dari Canada, merupakan teknologi kedokteran tertinggi dengan laser yang menggunakan berbagai macam pancaran sinar gelombang yang disinarkan pada bagian tubuh yang bermasalah. Cold laser therapy terbukti secara medis mampu menyembuhkan berbagai macam kondisi. Laser tersebut sepenuhnya aman, dan telah dibuktikan oleh Food & Drug Administration (FDA), dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Terapi yang dilakukan tidak menimbulkan rasa sakit apa pun.
Kami memilih bergabung dengan Bunda International Clinic untuk menjadi bagian dari klinik yang multi disipliner. Di Jackson Health Care, kami melihat, ke depan dokter dengan multi disipliner sangat diperlukan dalam menangani pasien. Kami berharap dapat tumbuh bersama BIC dan menjadi ‘pemimpin’ chiropractic di Jakarta.

JACKSON HEALTHCARE- Chiropractic & Laser Therapy
Bunda International Clinic
Jl. Teuku Cik Ditiro No. 12 2nd fl, Menteng, Jakarta Pusat 10350 Telepon (62-21) 3103607, (62)-87877002550


2 komentar:

  1. Informasinya sangat berguna bagi orang-orang yang mengalami masalah Chiropractic di Jakarta

    Salam, jakarta spa

    BalasHapus
  2. apakah ibu hamil tri smester pertama aman mengikuti therapi chiropractic

    BalasHapus